Pengaruh antara Kunci Nada pada Musik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan

Tugas Akhir/Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Laksmi P. Adaninggar
Universitas Airlangga
Program Studi: Psikologi
Fakultas: Psikologi

Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh kunci nada pada musik terhadap penurunan tingkat kecemasan, ditinjau dari kunci nada C mayor dan kunci nada A mayor. Oleh karena itu, kunci nada yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kunci nada C mayor dan kunci nada A mayor, dan akan diselidiki apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan di antara kunci nada C mayor dan kunci nada A mayor. Dengan demikian akan ditemukan apakah ada perbedaan pengaruh kunci nada pada musik terhadap penurunan tingkat kecemasan.

Penelitian dilakukan pada mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang, yang terdiri atas 5 orang laki-laki dan 25 orang perempuan yang meliputi mahasiswa angkatan 2007 - 2008. Alat pengumpulan data berupa kuesioner kecemasan, yaitu Clinical Anxiety Scale (CAS) versi tahun 1992, yang terdiri dari 25 butir aitem yang disusun oleh Bruce A. Thyer. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik t-test, dengan bantuan komputer yang menggunakan program statistik SPSS 15.0.

Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh nilai thitung sebesar -0,742 dengan p sebesar 0,465. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan penurunan tingkat kecemasan yang signifikan di antara kelompok yang mendengarkan musik berkunci nada C mayor dengan yang berkunci nada A mayor. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh kunci nada pada musik terhadap penurunan tingkat kecemasan, ditinjau dari kunci nada C mayor dan A mayor.