Dianita - Pengaruh Persepsi Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Antisosial Remaja

Tugas Akhir/Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Dianita
Universitas Airlangga
Program Studi: Psikologi
Fakultas: Psikologi

Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi pola asuh orang tua terhadap perilaku antisosial pada remaja. Pola asuh yang dimaksud adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh menolak. Hipotesis penelitian yang diajukan berbunyi: ada pengaruh persepsi pola asuh orang tua terhadap perilaku antisosial pada remaja.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para tahanan anak sejumlah 40 orang dengan batasan usia antara 14-18 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana seluruh subyek dalam populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala Likert, yang terdiri dari dua skala yaitu skala persepsi pola asuh orang tua dengan empat bagian, yakni skala persepsi pola asuh demokratis, skala persepsi pola asuh otoriter, skala persepsi pola asuh permisif, skala persepsi pola asuh menolak, dan skala perilaku antisosial. Dalam uji validitas dan reliabilitas, peneliti menggunakan program SPSS for Windows versi 15.

Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis regresi. Hasil analisis data
menunjukkan nilai sebesar 29,002 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi pola asuh orang tua dengan perilaku antisosial. Hasil persamaan regresinya adalah
Y = 29,002 – 0,641X1 + 1,192X2 + 0,566X3 + 0,250X4

Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa persepsi pola asuh orang tua otoriter memiliki korelasi yang begitu besar dengan perilaku antisosial remaja. Koefisien regresi sebesar (+) 1,192 pada X2 menyatakan bahwa persepsi pola asuh orang tua otoriter berpengaruh cukup besar pada perilaku antisosial.

Diketahui juga bahwa pola asuh demokratis (X1) memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku antisosial. Dengan besaran koefisien regresi (-)0,641 dinyatakan bahwa pola asuh demokratis memiliki pengaruh negatif yang cukup signifikan terhadap munculnya perilaku antisosial.

Dengan koefisien regresi sebesar (+) 0,566 dapat disimpulkan bahwa persepsi pola asuh permisif (X3) orang tua cukup mempengaruhi perilaku antisosial anak. Sedangkan persepsi pola asuh orang tua menolak (X4) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,250 tidak cukup berpengaruh.

Prediksi sumbangan variabel X terhadap variabel Y dapat dilihat dari hasil R Square pada Anareg, yaitu sebesar 68,1%. Hal ini berarti persepsi pola asuh orang tua memberikan sumbangan sebesar 68,1% terhadap perilaku antisosial pada remaja, sedangkan 31,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

No comments:

Post a Comment

Penelitian Psikologi - Headline Animator