Hubungan Dukungan Sosial Dengan Psychological Well Being Pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA)

Tugas Akhir/Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Ekasofia Sarunggallo
Universitas Airlangga
Program Studi: Psikologi
Fakultas: Psikologi

Intisari:

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan psychological well being pada orang dengan HIV/AIDS. Variabel X penelitian ini adalah dukungan sosial yang terdiri dari emotional support, esteem support, tangible atau instrumental support, informational support dan network support. Variabel Y dalam penelitian ini adalah psychological well being yang ditandai dengan penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan terhadap lingkungan, tujuan hidup dan perkembangan pribadi.

Penelitian ini menggunakan 30 orang subjek yang merupakan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Alat pengumpul data berupa kuesioner yang terdiri dari dua skala Likert. Skala yang pertama yaitu skala dukungan sosial yang terdiri dari 52 butir, skala kedua yaitu skala tingkat psychological well being terdiri 60 butir. Hasil uji reliabilitas item dilakukan dengan menggunakan menggunakan Alpha Cronbach, diperoleh koefisien realibilitas pada variabel dukungan sosial sebesar 0,959 sedangkan untuk variabel psychological well being diperoleh koefisien relibilitasnya sebesar 0,956. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik koreasi produk moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS versi 16.0.

Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara dukungan sosial dengan psychological well being sebesar 0,819 dan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan psychological well being.