Ria D. Hutasoit - Hubungan Antara Penerimaan Diri dengan Kecenderungan Bunuh Diri pada Pelajar SMA yang Mengalami Bullying di Kelas X SMK X Surabaya

Tugas Akhir/Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Ria D. Hutasoit
Universitas Airlangga
Program Studi: Psikologi
Fakultas: Psikologi


Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penerimaan diri dengan kecenderungan bunuh diri pada pelajar yang mengalami bullying. Penerimaan diri yang dimaksudkan adalah kemampuan individu untuk menilai dirinya secara realistik dan menghargai keberadaannya, memiliki kepastian mengenai standard dan pendiriannya tanpa menghiraukan opini dari orang lain, dan memiliki penilaian, batasan yang realistik tanpa menyalahkan diri secara irasional. Menyadari segala kemampuan yang dimilikinya dan dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin, serta menyadari segala kekurangannya tanpa menyalahkan dirinya sendiri akan keterbatasan yang dimilikinya. Dalam penelitian ini, ada satu hubungan yang akan diselidiki, yaitu hubungan antara penerimaan diri dengan kecenderungan bunuh diri pada pelajar yang mengalami bullying.

Penelitian dilakukan kepada 50 orang pelajar yang mengalami bullying di kelas X SMK X di Surabaya. Alat pengumpul data berupa kuesioner, yang terdiri dari 3 skala likert yang disusun oleh penulis. Skala yang pertama adalah skala penerimaan diri berdasarkan teori Jersild, yang kedua adalah skala Kecenderungan bunuh diri berdasarkan teori belajar (terutama Scneidman) dan yang ketiga adalah skala bullying berdasarkan literature Scarpaci. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi dengan menggunakan Spearman Rank, yang dibantu oleh program statistik SPSS 14.00 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh koefisien korelasi Spearman Rank sebesar (-)0,698, dengan signifikansi 0,000. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan diri pada pelajar yang mengalami bullying dengan kecenderungan bunuh dirinya. Arah hubungan antara kedua variabel ini adalah negatif, yang berarti semakin tinggi skor penerimaan diri pada pelajar yang mengalami bullying maka semakin rendah skor kecenderungan bunuh diri pelajar tersebut. Sebaliknya, makin rendah skor penerimaan diri pada pelajar yang mengalami bullying, maka semakin tinggi skor kecenderungan bunuh diri pada pelajar tersebut.

No comments:

Post a Comment

Penelitian Psikologi - Headline Animator