Kecerdasan Emosi pada Investor dalam Bertransaksi Saham

Tugas Akhir/Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Arlita L. Wardani
Universitas Airlangga
Program Studi: Psikologi
Fakultas: Psikologi

Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa kecerdasan emosi pada investor dalam bertransaksi saham. Investor individu adalah seseorang yang menanamkan modal dalam bentuk efek di pasar bursa efek dengan membeli atau menjual saham dalam kembali. Semua resiko dan manfaat dalam perdagangan saham akan ditanggung oleh investor individu. Kecerdasan emosi memiliki berbagai kemampuan, kompetensi, dan kecakapan nonkognitif yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berhasil mengatasi tuntutan dan tekanan lingkungan. Kecerdasan emosi terbagi menjadi lima ranah yaitu ranah intrapribadi, ranah antarpribadi, ranah penyesuaian diri, ranah pengendalian stres dan ranah suasana hati umum.

Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus intrinsik. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive dan accidental sehingga terpilih tiga subjek sesuai dengan karakteristik subjek. Pengalaman dan informasi dengan subjek dieksplorasi dalam wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data primer. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik pada pengkodean terbuka dari transkrip wawancara yang telah diverbatim dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga ranah yang muncul yaitu ranah intrapribadi, ranah pengendalian stres, dan ranah suasana hati umum. Emosi pada saat bertransaksi saham terlihat ketika investor melakukan analisa harga saham. Ranah yang tidak muncul secara penuh pada subjek penelitian berubah tema yakni ranah antarpribadi menjadi komunikasi interpersonal dan ranah penyesuaian diri menjadi problem focused coping.