Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Akademik dan Perencanaan Karier Pada Remaja Yang Memiliki Orangtua Sebagai Tenaga Kerja Indonesia - Luthfi Atmasari

Tugas Akhir/Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Luthfi Atmasari
Universitas Airlangga
Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi

Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri akademik dan perencanaan karier pada remaja yang memiliki orang tua sebagai Tenaga Kerja Indonesia. Konsep diri akademik adalah penilaian seseorang terhadap kemampuan akademiknya, yang meliputi kemampuan dalam mengikuti pelajaran, kemampuan dalam meraih prestasi di bidang akademik, serta aktivitas di sekolah atau di dalam kelas yang juga berkaitan dengan persepsi, pikiran, perasaan, dan penilaian seseorang terhadap kemampuan akademikya. Sedangkan perencanaan karier adalah sebuah proses dimana individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan-tujuan kariernya yang dilakukan secara terarah dan terfokus dengan berdasarkan pada potensi berupa minat, bakat atau kemampuan, serta keyakinan atau nilai-nilai yang dimiliki tiap individu (Simamora, 2004). Menurut Erikson (Dollarhide, et al, 2003:382) remaja mempunyai perhatian yang cukup besar terhadap masalah karier karena pada masa ini merupakan masa pre-occupation yaitu masa saat individu mulai mencari identitas dirinya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada remaja awal, yang duduk di kelas VII dan VIII sekolah menengah pertama di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, dengan validitas dan reliabilitas skala konsep diri akademik sebesar 0,3 dan 0,909 sedangkan skala perencanaan karier sebesar 0,2 dan 0,751. Alat pengumpulan data berupa skala konsep diri akademik yang terdiri dari 33 item, 16 item untuk perencanaan karier. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis frekuensi, dengan bantuan statistic SPSS versi 16.0 for windows dan Microsoft excel 2003.

Dari hasil penelitian yang juga didukung dengan wawancara terhadap beberapa subyek yang mewakili tiap kategori dapat diketahui bahwa konsep diri akademik pada remaja yang memiliki orang tua sebagai Tenaga Kerja Indonesia sebagian besar adalah konsep diri akademik positif, sebanyak 47,42% dari subyek yang ada masuk kategori tinggi, 13,14% masuk kategori sedang, serta 39,44% masuk dalam kategori rendah atau memiliki konsep diri akademik negatif. Sedangkan perencanaan karier remaja yang memiliki orang tua sebagai Tenaga Kerja Indonesia, terdapat 57,75% dari 213 subyek masuk dalam kategori tinggi, dimana mereka sudah memiliki perencanaan karier yang sudah baik. Mereka juga mampu melakukan pertimbangan terhadap faktor eksternal dan internal dalam usaha untuk melakukan perencanaan karier. Sebanyak 7,04% masuk dalam kategori sedang, dan 35,21% masuk dalam kategori rendah yang berarti mereka belum memiliki perencanaan karier yang baik.