Nila A. Ningrum - Hubungan antara Coping Strategy dgn Kenakalan Remaja Awal di Panti Asuhan Arrahmah Kediri

Tugas Akhir / Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Nila A. Ningrum
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi

Intisari:


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara coping strategy dengan kenakalan remaja (delinquency). Coping strategy yang dimaksud adalah problem focused coping,  emotional focused coping dan seeking social support.Sehingga terdapat 2 hubungan yang akan diselidiki dalam penelitian ini, yaitu:1) korelasi antara problem focused coping dengan delinquency ;2) korelasi antara emotional focused coping dengan delinquency.3) korelasi antara seeking social support dengan delinquency.

Penelitian ini dilakukan pada remaja awalyang tinggal dip anti asuhan Arrahmah-kediri dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 60 orang, yang terdiri atas 25 remaja laki-laki dan 35 remaja perempuan..Alat pengumpul data berupa kuesioner coping strategy terdiri dari 24 butir dan kuesioner delinquency terdiri dari 15 butir. Analisa data dilakukan dengan teknik statistic korelasi product moment dari Pearson , dengan bantuan program statistik SPSS versi 17.0 for windows.

Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara problem focused coping dengan delinquency sebesar 0,365, nilai korelasi antara emotion  focused coping sebesar 0,164, dan nilai korelasi antara seeking social support dengan delinquency adalah sebesar 0, 235. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang tidak signifikan antara coping strategy dengan delinquency. Arah hubungan adalah negative, berarti bahwa semakin tinggi coping strategy maka semakin rendah delinquency, semakin rendah coping strategy maka semakin tinggi coping strategy.

No comments:

Post a Comment

Penelitian Psikologi - Headline Animator