Studi Kualitatif Kepribadian Organisasi dgn Analisis Metafor

Tugas Akhir / Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Ditya G. Wardhana
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi

Intisari: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian sebuah organisasi dengan analisis metafora. Kepribadian organisasi yang dimaksud mencakup, aspek-aspek yang ada di dalamnya dan bagaimana aspek tersebut saling berinteraksi dalam sebuah dinamika yang utuh sekaligus kompleks. Kepribadian  Organisasi dapat menjelaskan pola preferensi perilaku sebuah organisasi dalam menfokuskan energi, mengumpulkan informasi, membuat keputusan dan membentuk struktur kerja menurut model Fekete dan Keith (2003) sehingga didapati sebuah tipe kepribadian hasil gabungan preferensi keempat dimensi tersebut.

Penelitian dilakukan pada anggota organisasi yang memiliki peran sebagai pemimpin, pengambil keputusan, pemimpin opini, dan pemberi pengaruh, masing-masing satu orang secara berkelompok. Alat pengumpul data berupa wawancara kelompok terfokus atau focus group discussions (FGD).

Temuan penggalian data mendapatkan metafora organisasi yang menjadi subjek sebagai sosok manusia yang benama A Liang, pribadi yang Low profile, berjiwa muda, kreatif, intuitif, idealis dan labil, namun ia memiliki dorongan untuk berperan sebagai fasilitator bagi orang lain.

Hasil analisis data penelitian memperolah tipe kepribadian organisasi yang menjadi subjek adalah INFP ( Introvert – Intuitive – Feeling – Perceiving)  dengan sebutan “Quest For Meaningful Work”. Artinya adalah organisasi ini adalah organisasai yang paling idealis dari segala tipe organisasi