Rifky D. R. F. Hidayat - Hubungan antara Health Locus of Control dgn Perilaku Sehat pada Penderita Lupus di Poli Rematologi IRJ RSUD Dr Soetomo Surabaya

Tugas Akhir / Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Rifky D. R. F. Hidayat
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi

Intisari: 

Penderita Lupus makin tahun makin meningkat. Lupus merupakan penyakit autoimun yang memiliki periode membaik dan memburuk (flare up) sehingga penderitanya harus mengkonsumsi obat seumur hidup. Oleh sebab itu penderita Lupus harus selalu menjaga perilaku sehatnya agar selalu berada dalam periode remisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dimensi internal, powerfull others, dan chance dalam Health Locus of Control dengan perilaku sehat pada penderita Lupus di Poli Rematologi IRJ Dr Soetomo.

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaf dengan tipe eksplanatori yaitu penelitian yang menyoroti hubungan antar variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Lupus yang berobat di Poli Rematologi IRJ Dr Soetomo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik accidential. Sampel merupakan penderita Lupus yang melakukan kontrol di Poli Rematologi IRJ Dr Soetomo saat periode pengambilan data, diperoleh empat puluh subyek. Pengukuran variabel health locus of control menggunakan kuesioner Multidimensional Health Locus of Control (MHLC) Wallston dan variabel perilaku sehat menggunakan Dartmouth COOP Chart. Validitas isi dari kedua alat ukur ini tidak perlu diragukan karena dibuat oleh para ahli di bidang masing-masing. Namun dari hasil pengujian daya beda aitem terdapat aitem-aitem yang gugur. MHLC yang memiliki delapan belas pernyataan untuk dimensi internal, powerfull others, dan chance setelah pengujian hanya memiliki sembilan aitem dan semua aitem dalam dimensi chance gugur. Dartmouth COOP Chart memiliki sembilan pernyataan, setelah uji daya beda aitem hanya tujuh pernyataan yang lolos. Reliabilitas penelitian ini menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan perhitungan dari SPSS 17.00 for Windows. Reliabilitas dari MHLC adalah 0.826 dan Dartmouth COOP Chart adalah 0.815.

Pengujian hubungan antara health locus of control dengan perilaku sehat menggunakan teknik Spearman-rank dengan bantuan perhitungan dari SPSS 17.00 for Windows. Nilai korelasi dari powerfull others dengan perilaku sehat sebesar 0.798 dan nilai korelasi antara internal dengan perilaku sehat sebesar 0.549. Nilai korelasi antara powerfull others dan internal dengan perilaku sehat menunjukkan nilai yang positif. Kenaikan powerfull others dan internal diikuti oleh kenaikan nilai perilaku sehat pada penderita Lupus. Faktor lain yang mempengaruhi perilaku sehat pada penderita Lupus adalah stress.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Judul Skripsi Psikologi - Headline Animator