Ayu Larasati - Pengaruh Perceived Susceptibility, Perceived Severity, Perceived Benefits dan Perceived Barriers thd Intensi Berhenti Merokok

Tugas Akhir / Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Ayu Larasati
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi

Intisari: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Prediktor Health Belief Model terhadap Intensi Berhenti Merokok. Penelitian ini memiliki empat variabel bebas yaitu Perceived Susceptibility, Perceived Severity, Perceived Benefits, Perceived Barriers dan satu variabel terikat yaitu intensi berhenti merokok. Subyek penelitian adalah perokok yang sedang berada di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada, Kepanjen, Malang sebanyak 30 orang.

Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert untuk seluruh variabel. Untuk menguji kualitas alat ukur digunakan uji validitas isi dengan professional judgement dan bantuan SPSS 15.0 for windows serta uji reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach.

Kuesioner skala Perceived Susceptibility menghasilkan item valid sebanyak 10 item dan nilai alpha (α) sebesar 0.8880, Perceived Severity menghasilkan item valid sebanyak 16 item dan α sebesar 0.8586, Perceived Benefits menghasilkan item valid sebanyak 16 item dengan koefisien alpha (α) sebesar 0.8216, Perceived Barriers menghasilkan item sebanyak 21 item dan α sebesar 0.8730. Variabel Intensi Berhenti Merokok menghasilkan item valid sebanyak 28 item dengan koefisien alpha (α) sebesar 0, 9329. 

Dari hasil analisis data diperoleh nilai korelasi antara Perceived Susceptibility, Perceived Severity, Perceived Benefits, Perceived Barriers dan intensi berhenti merokok sebesar 0,788 dengan p = 0,000; nilai korelasi antara perceived susceptibility dengan intensi berhenti merokok sebesar 0,014 dan p = 0,945, nilai korelasi antara perceived severity dengan intensi berhenti merokok sebesar 0,415 dengan signifikansi sebesar 0,031, nilai korelasi perceived benefits dengan intensi berhenti merokok sebesar 0,277 dan signifikansi sebesar 0,162, nilai korelasi perceived barriers dengan intensi berhenti merokok sebesar 0,263 dan signifikansi 0,185.

Saran bagi peneilitan selanjutnya agar dapat lebih memperkaya bahasan tentang health belief model dan intensi berhenti merokok. Selain itu perokok yang memiliki intensi berhenti merokok diharapkan mampu melanjutkannya hingga ke perilaku sehat berhenti merokok.

No comments:

Post a Comment

Penelitian Psikologi - Headline Animator