Pratnya D. Pratiwi - Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual thd Tingkat Resiliensi Remaja Korban Lumpur Lapindo

Tugas Akhir / Skripsi Psikologi
Disusun oleh: Pratnya D. Pratiwi
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi

Intisari: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual terhadap tingkat resiliensi remaja korban bencana Lumpur Lapindo. Kecerdasan spiritual yang dimaksud adalah kecerdasan  jiwa individu yang dapat membantu individu untuk bangkit ketika dihadapkan pada masalah sebagai dampak dari luapan Lumpur Lapindo. Sedangkan resiliensi remaja adalah kemampuan yang dimiliki remaja dimana mereka tidak mengalah saat menghadapi tekanan dan perbedaan dalam lingkungan

Penelitian ini dilakukan pada remaja yang berada pada rentang usia antara 15-18 tahun dengan jumlah subyek 32 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner kecerdasan spiritual yang terdiri dari 26 item dan kuesioner resiliensi remaja yang terdiri dari 19 item yang mengacu pada kuesioner resiliensi Karen Reivich dan Andrew Shatte. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan statistik SPSS versi 16.0 for windows.

Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara kecerdasan spiritual terhadap resiliensi remaja sebesar 0,751 dengan p sebesar 0,000. Arah kedua variable adalah positif. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat kecerdasan spiritual terhadap tingkat resiliensi remaja, sehingga semakin tinggi tingkat kecerdasan spiritual akan semakin tinggi pula tingkat resiliensi remaja.

No comments:

Post a Comment

Penelitian Psikologi - Headline Animator