Hubungan antara Efikasi Diri dan Prestasi Akademik

Penulis skripsi: Robertus Pabiban
Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2007

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan efikasi diri dan prestasi akademik mahasiswa. Asumsinya adalah jika efikasi diri mahasiswa tinggi, maka prestasi akademik yang dicapai juga akan tinggi. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan signifikan dan positif antara efikasi diri dan prestasi akademik mahasiswa. Subyek penelitian terdiri dari mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma tahun pertama yang sedang menempuh mata kuliah psikologi faal kelas A dan C sebanyak 52 orang. Alat pengumpul data yang digunakan untuk prestasi akademik mahasiswa adalah hasil ujian tengah semester, sedangkan untuk efikasi diri adalah skala efikasi diri. Dari uji daya diskriminasi aitem pada skala efikasi diri diperoleh 82 aitem yang sahih dengan koefisien reliabilitas(rxx’) 0,981. Untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan prestasi akademik mahasiswa digunakan analisis data korelasi product moment dari Pearson. Adapun dari hasil analisis data ditemukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,421, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Hal tersebut berarti bahwa terdapat hubungan positif antara efikasi diri dan prestasi akademik mahasiswa.


Daftar Referensi

Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia
Warsito, Hadi. 2004. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Akademik Dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, vol.14, No.2. September 2004
Walizer, M.H., dkk. 1987. Metode dan Analisi Penelitian Mencari Hubungan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Trihendradi, Cornelius. 2004. Memecahkan Kasus Statistik: Deskriptif, Parametrik dan Non parametric dengan SPSS 12. Yogyakarta: Andi Offset
Taylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. 1996. Social Psychology. New Jersey: Englewood Cliffs Prentice Hall
Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Suryabrata, S. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali
Suryabrata, S. 1983. Proses Belajar-Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi offset
Supratiknya, A. 1998. Psikometri. Yogyakarta: Pusat Penerbitan dan Pengembangan Sumber Belajar Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma
Sumanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pt. Rineka Cipta
Sukarti. 1986. Suatu Studi Mengenai Prediksi Terhadap Prestasi Belajar di STM di Yogyakarta. Yogyakarta: Disertasi (Tidak Diterbitkan), Pasca Sarjana universitas Gajah Mada
Sudarmaji, A. 1994. Peranan Self-Efficacy Terhadap Kecakapan Membaca Pada Siswa Kelas II MAN I Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi (Tidak Diterbitkan), Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
Setiaji & Suranto Rufman. 2006. KBK, Konsep dan Implementasinya. Diambil dari http://www.geocities.com/new/artikelku/doc.
Schwarzer, Ralf. 1998. General Perceived Self-Efficacy in 14 Cultures. Diambil dari http://www.yorku.ca/academics/schwarze/selfscal.htm.
Salim, Peter & Yenny Salim. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press
Sagala, L. 1978. Hubungan antara kemantapan cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan prestasi belajar para pelajar kelas II SMAN II Yogyakarta. Skripsi (Tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
Rumini, S., dkk. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: IKIP
Pajares, F. 2002. Self- Efficacy beliefs in Academic Contexts: An Outline. Diambil dari http://www.emory.edu/EDUCATION/mfp/efftalk.html.
Myers, D.G. 1983. Social Psychology. 6th ed. Tokyo: Mc. Graw Hill Kogakusha Ltd.
Locke, Edwin A., Elizabeth Frederick & Fhilip Bobko. 1984. Effect of Self-Efficacy, Goals, and Task Strategies on Task Performance. Journal of Applied Psychology, Vol.69, No.2, 241-251
Jufri, M. 1999. Efikasi Diri, Ketrampilan Belajar dan Penyesuaian Diri Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Mahasiswa Tahun I. Yogyakarta: Tesis (Tidak diterbitkan), Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
Chemers, M.M., Li-tze Hu & Ben F. Garcia. 2001. Academic Self-Efficacy and First-Year College Student Performance and Adjustment. Journal of Educational Psychology, Vol.93, No. 1, 55-64
Buchori, Mochtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius
Betz, Nancy E., & Gail Hackett. 1998. Manual for the Occupational Self-Efficacy Scale. Diambil dari http://seamonkey.ed.asu.edu/~gail/occsel.htm.
Bandura, A. 1994. Self-Efficacy. In V.S. Ramachaudran (ed.), Encyclopedia of Human Behavior (Vol.4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman [Ed.], Encyclopedia of Mental Health. San Diego: Academic Press, 1998)
Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action: A Social Cognitif Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall
Bandura, A. 1982. Self-Efficacy Mechanism in Human Agency. American Psychologist. 37, 2, 122-147
Bandura, A. 1977. Self-efficacy: Toward A Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review. 84. 191.215
Azwar, S. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arum, D.W. 2005. Hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMUN I Mlati Sleman. Skripsi (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma
Ahmadi, H.A & Widodo, S. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Penelitian Psikologi - Headline Animator