Studi Deskriptif Hambatan, Motivasi, dan Strategi Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sanata Dharma yang Sedang Mengerjakan Skipsi

Skripsi disusun oleh: Dian Wibowo Utomo
Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2009

Intisari

Fenomena lambatnya proses pengerjaan skripsi dapat bersumber dari luar maupun dari dalam diri mahasiswa. Fokus yang ingin diteliti yaitu sumber-sumber motivasi, penyebab hambatan, dan strategi pemecahan masalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subyek penelitian adalah 3 orang mahasiswa psikologi Universitas Sanata Dharma yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai sumber data utama. Verifikasi data penelitian dilakukan dengan proses intersubjective validity yaitu menguji kembali pemahaman peneliti dengan pemahaman subjek melalui interaksi back-and forth atau timbal balik.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya orientasi ke masa depan dapat berakibat pada munculnya rasa malas dari dalam diri mahasiswa. Sulitnya mendapatkan sumber pustaka dan hambatan keuangan merupakan faktor eksternal. Motivasi internal bersumber dari tanggungjawab yang kemudian memunculkan kepercayaan diri. Untuk faktor eksternal motivasi adalah adanya tekanan sosial dari keluarga, teman dan lingkungan. Strategi pemecahan masalah mahasiswa adalah dengan membuat komitmen pribadi, mencari sumber pustaka, serta mencari bantuan dari orang lain.

Kata kunci: mahasiswa, mengerjakan skripsi, hambatan, motivasi, strategi pemecahan masalah.


Daftar Referensi

Zulkarnain, I., 2007. Siasat dan Langkah Sukses Menyusun Skripsi. Yogyakarta: PINUS Book Publisher.
Syah, M., 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Surya, S., 2006. Panduan Menulis Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jogjakarta: Pustaka Pena.
Subekti, R.,____. Faktor-faktor Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/434. Diakses tanggal 12 April 2009
Schultz, D., 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model – Model Kepribadian Sehat. Jogjakarta: Kanisius.
Santrock, J. W., 2002. Life-Span Development; Perkembangan Masa Hidup, Edisi 5, Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Poerwandarminta, W.J.S., 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Poerwandari, E., 1998. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3). Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Nugrahanta, R.A., 2004. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Intrapribadi Dan Kemampuan Mengatasi Kesulitan Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Murniati, 2004. Hubungan Antara Minat Membaca dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Psikologi Unika Soegijapranata, (skripsi tidak dipublikasikan). Semarang: Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.
Moleong, L.J., 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Lasmahadi, A., 2005. Pemecahan Masalah Secara Analitis & Kreatif (Bag1). http://journal.um.ac.id/index.php/ilmu-pendidikan/article/view/750. diakses tanggal 19 Mei 2009
Hurlock, E., 1994. Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Handoko, M., 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku.Yogyakarta: Kanisius.
Hadiwijoyo, H., 1980. Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisius.
Foster, J., 2005. How To Get Ideas ''Proses Kreatif Mencipta Ide'', Yogyakarta: Penerbit Quills.
Creswell, J.W.1998. Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Traditions. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.
Buku Pedoman Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2006
Buku Pedoman Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2004.
Buari, D.P., 2003. Hubungan Antara Kecenderungan Melakukan Prokratinasi Akademik Dengan Tingkat Stress Pada Mahasiswa Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Beck, R. E. 1978. Motivation: Theories and Principles. Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs. New Jersey 07632.
Atkinson, R.L., dkk. Pengantar Psikologi Edisi kesebelas, jilid 1. Batam: Interaksara..1953.