Etos Kerja Pedagang Etnis Cina yang Mengelola Toko Obat Cina di Kotamadya Pontianak

Penulis skripsi: Juliana Hermanto
Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2008

Intisari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etos kerja pedagang etnis cina yang mengelola toko obat Cina di kotamadya Pontianak. Etos kerja merupakan salah satu elemen penting dalam komponen sukses yang mampu melatarbelakangi keberhasilan dalam bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang dengan kriteria etnis Cina yang berprofesi sebagai pedagang obat Cina, berkedudukan sebagai pengelola toko obat dan berdomisili di kotamadya Pontianak.

Adapun dari hasil penelitian ditemukan etos kerja pada ketiga subjek penelitian yang ditunjukkan dengan adanya pandangan kerja sebagai kewajiban moral, kebanggaan akan hasil karya dan displin yang tinggi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kerja merupakan kewajiban moral, ketiga subjek memandang kerja diperuntukkan bagi keluarga dan berguna untuk diri sendiri, kerja merupakan hal yang penting bagi kehidupan, mereka juga menganggap kerja sebagai anugerah dari Tuhan. Kebanggaan akan hasil karya mengarah pada perasaan bangga terhadap hasil kerja karena keinginan untuk maju, adanya penghargaan dari orang lain, serta usaha dalam bekerja maksimal untuk menciptakan kualitas kerja terbaik. Displin ditunjukkan dengan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan kesadaran akan peraturan. Keterkaitan ketiga indikator ini menggambarkan etos kerja pada pedagang etnis Cina yang mengelola toko obat Cina.

Kata kunci: etos kerja, etnis cina, pedagang yang mengelola toko obat Cina


Daftar Referensi

Vasanty, P. 1979. Kebudayaan Orang Tionghoa Indonesia. Dalam Koentjaraningrat (ed). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Jambatan.
Tasmara, Toto. Etos Kerja Pribadi Muslim. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1994.
Tan, M.G. 1981. Golongan Etnis Tionghoa di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Suryohadiprojo, Sayidiman. 1988. Membangun Etos Kerja. Majalah Manajemen No. 52, hlm. 42-47. Jakarta: PT. Pustaka Bihaman Pressindo.
Suryabrata, S. 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Sudarso, A. 1997. Penanaman Etos Kerja. Media MNPK No. 4-5 Th. XVIII, September-Oktober, hlm. 4-7. Jakarta: Majelis Nasional Pendidikan Katolik.
Skinner, J. 1981. Golongan Minoritas Tionghoa. Dalam M.G. Tan (ed.), Golongan Etnis Tionghoa di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Siregar, Soen. 2000. Konsep Universal Etos Kerja. Majalah Manajemen No. 147, hlm. 24. Jakarta: PT. Pustaka Bihaman Pressindo.
Sinamo, J. H., ETHOS21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Institut Darma Mahardika, 2002.
Siburian, Robert. 1997. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Etos Kerja Pengrajin Tradisional. Majalah Ilmiah Maranatha Vol. XIII/Th. IV
Sahrah, A. 1995. Identitas Etnik dan Nilai Kerja Karyawan Tionghoa Asli dan Tionghoa Peranakan. APIO
Renwarin, M. 1991. Pembinaan Etos Kerja Perlu Sejak Anak -anak. Mawas Diri Edisi Mei, hlm. 4-8.
Rahardjo, M. D. 1992. Etos Kerja, Teori dan Teologi Islam. Peninjau.
Purwanto, L.A. Budaya sebagai Dasar Pengembangan Sumber Daya Manusia. http://www.edents.bravepages.com/edents%20online%20baru/laput%20lilik.htm (diambil tanggal 7 Desember 2004).
Prihananti, Yupitasari Fajar. 2000. Hubungan Antara Etos Kerja Dengan Intensi Berkompetisi Dalam kerja. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Poerwandari, Endang Kristi. 1998. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Partono. 1978. Pengetahuan Dagang. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nugroho, Triasta Teguh. 1998. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Organisasi Dengan Etos Kerja Karyawan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Nitisemito, Alex S. Drs. 1982. Manajemen Personalia (manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Thalia Indonesia.
Naisbitt, J. 1995. Megatrends Asia: The Eight Asian Megatrends that are Changing the World. London: Nicholas Brealey Publishing.
Muzairi. 1994. Refleksi Teologis Terhadap Etos Kerja. Al-Jami’ah No.57, hlm. 100 -109.
Mutis, T. 1995. Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: PT. Grasindo.
Moleong, L.J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manullang, R.A. 1997. Pengaruh Profesionalisme dan Etos Kerja Terhadap Mutu akademik. Majalah Ilmiah Maranatha Vol. XIII/Th. IV. Bandung: Sekretariat Penerbitan Majalah, LPPM – UKM.
Magnis, F. 1978. Menuju Etos Pekerjaan yang Bagaimana. Prisma, Desember hlm. 25. PT. Pustaka LP3ES Indonesia.
La Ode, M.D. 1997. Tiga Muka Etnis Cina-Indonesia : Fenomena Di Kalimantan Barat (Perspektif Ketahanan Nasional). Yogyakarta: Bigraf Publishing.
KompasOnline. 2001. Kota Pontianak. http://www.pu.go.id/ditjen_ruang/interaktif/profil/kotapontianak.htm (diambil tanggal 31 Juli 2006).
Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi (Cetakan kedelapan). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Keller, L.M. 1992. Work Values: Genetic and Invironmental Influences. The Journal of Social Psychology, No. 1, 79–88.
Kartodirjo,Sartono, Prof. DR. Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Aditya Media, 1994.
Ismael, B. 1989. Hubungan Antara Etos Kerja dengan Hukum dan Disiplin Nasional di Indonesia. Majalah Ilmiah Universitas Kristen Indonesia Atma Jaya. Thn. II No.1, hlm. 121-139. Jakarta: Universitas katolik Atma Jaya.
Husodo, Siswono Yudo, 1985. Warga Baru (Kasus Cina di Indonesia). Jakarta: Lembaga Penerbitan Yayasan Padamu Negeri.
Hidajat, Z.M. 1977. Masyarakat dan Kebudayaan Cina di Indonesia. Bandung: Tarsito.
Harsanto, R., Drs. 1997. Upaya Meningkatkan Etos Kerja Profesi Guru. Media MNPK No. 7, Thn XII. Jakarta: Majelis Nasional Pendidikan Katolik.
Hariyono, P., Drs. 1993. Kultur Cina Dan Jawa, Pemahaman Menuju Asimilasi Kultural. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Asya’arie, M. 1994. Agama dan Etos Kerja. Al-Jami’ah No. 57 hlm. 93-99.
Anoraga, Pandji and Widiyanti, Nanik. 1990. Psikologi Dalam Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.
Anoraga, Pandji and Suyati, Sri. 1995. Psikologi Industri dan Sosial. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Anoraga, P., Drs. 2001. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Adisubroto, D. 1993. Nilai: Sifat dan Fungsinya. Buletin Psikologi No. 2, hlm. 26-33. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Adicondro, G.Y. 1978. Dari Pecinan sampai Nan Yang: Suatu Introduksi tentang Kewiraswastaan Orang Cina di Indonesia. Prisma Vol. VII/9. PT. Pustaka LP3ES Indonesia.