Perbedaan Tingkat Stres Kerja antara Guru SD dan Guru SMP di Kecamatan Pakis Magelang

Skripsi disusun oleh: Deni Rona Dewi
Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2007

Intisari

Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat stres kerja antara guru SD dan guru SMP. Penelitian ini menggunakan sebuah skala tingkat stress kerja yang terdiri dari 50 item. Pengujian validitas alat ukur menggunakan professional judgement dan pengujian reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Koefisien reliabilitas skala tingkat stres sebesar 0,932.

Pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling. Sampel terdiri dari 50 subjek guru SD dan 50 subjek guru SMP, yang diambil dari sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Pakis Magelang. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan teknik Independent Sample t-Test dengan program SPSS versi 12.00 for windows.

Adapun dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,011. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima, yaitu ada perbedaan tingkat stres kerja antara guru SD dan guru SMP. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai mean tingkat stres kerja untuk guru SD lebih besar dari guru SMP, yaitu sebesar 93,34 dan untuk guru SMP sebesar 85.52.

Kata kunci: Tingkat stress kerja, guru SD, guru SMP


Daftar Referensi

Wilonoyudho, S. (2001, 12 September). Merenungkan Perjalanan Hidup Guru. http://www.kompas.com /kompas-cetak/0109/12/opini/mere04.htm. Diakses tanggal 12 November 2006.
Trihendradi, C. (2005). Statistik Inferen Teori Dasar dan Aplikasinya Menggunakan SPSS 12. Yogyakarta : Penerbit Andi
Tim Penyususun Kamus Pusat Pengambangan dan Pembinaan Bahasa. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer.(2004). Pengolahan Data Statistik dengan 12.00. Yogyakarta: Andi Offset.
Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer.(2003). Pengolahan Data Statistik dengan 11.25. Jakarta: Infotek.
Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo. Stevanus, I. (2004). Persepsi Guru SD Terhadap Standar Kompetensi Guru Kelas SD. Jurnal Psiko-edukasi Vol.2, no. 2. hal:93-110.
Slavin, E. R. (2003). Educational Psychology Theory and Practice (7th ed). USA : John Hopkins University.
Sarafino, E. P. (1997). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction (3rd ed). New York: John Wiley & Son, Inc.
Santrock, J. W. (2002). Life-Span Developmental:Perkembangan Masa Hidup jilid 2 (edisi ke-5 ). Jakarta: Erlangga
Samana, A. (1994). Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
Roestiyah, N.K. (1982). Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: PT Bina Aksara
Robbins, S.P. (1996). Organizational Behavior Concept. Controvercies. Applications (7th edition). New Jersey : Prentice-Hall International, Inc.
Rini, J. F. (2002). Stress Kerja. http://www.e-psikologi.com/masalah/stress/htm. Diakses tanggal 10 November 2006.
Rice, L.P. (1992). Stress and Health. California: Brooks/Cole Publishing.
Rasyid. A. (1992). Stres dan Kerja, Suatu Perspektif Manajerial. Cakrawala Pendidikan no.3, th XI.
Rachman, M. (2001). Reposisi, Re-evaluasi dan Redefinisi Pendidikan Nilai bagi Generasi Muda Bangsa. http:www.depdiknas.go.id/jurnal/28/reposisi.htm.
Nurofia, F. (2000). Stress Kerja dan Penanggulangannya. Majalah Ilmiah Maranatha. Vol XVIII/th ke-VII.
Nasution, M.A. (!983). Sosiologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Mahmud, Dimyati. M. (1990). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE.
Irwanto. Dkk. (1997). Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan suatu Pendapat Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.
Huffman, K., Vernoy, M., Vernoy, J. (2000). Psychology in Action (5th edition). New York: John Wiley & Sons, Inc.
Handoyo, S. (2001). Stres Pada Masyarakat Surabaya. Insan Media Psikologi. Vol. 3, no.2.hal: 61-74.
Gunarsa, S. D. (2003). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Gibson. Ivancevich. Donnelly. (1987). Organisasi Perilaku.Struktur.Proses. Jakarta : Erlangga.
Azwar, S (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Putra Pelajar
Arismunandar. & Ardhana, I. W. (1998). Sumber-sumber Stres Kerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, no.1. hal 3-13.
Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.