Hubungan Persepsi Citra Merek Rokok “GUDANG GARAM FILTER” dengan Loyalitas Konsumen

Skripsi disusun oleh: Widya Wiryawan
Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2008

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi citra merek dengan loyalitas konsumen. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi citra merek dengan loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan di Kota Yogyakarta. Subyek penelitian adalah konsumen Rokok “Gudang Garam Filter”. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling dan diambil sebanyak 75 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua skala, yaitu skala Persepsi Citra Merek dan skala Loyalitas Konsumen. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 15 September hingga 30 Oktober 2007 yang sebelumnya dilakukan tryout instrumen.

Hasil uji validitas item pada skala Loyalitas Konsumen, diperoleh 16 item sahih dengan koefisien reliabilitas 0,857. Pada skala Persepsi Citra Merek, diperoleh 29 item sahih dengan koefisien reliabilitas 0,809. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi citra merek dengan loyalitas konsumen digunakan analisis data korelasi product moment dari Pearson pada signifikansi 5%. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,771. Hal tersebut menunjukan bahwa ada hubungan signifikan dan positif antara persepsi citra merek dengan loyalitas konsumen, berarti hipotesis penelitian dapat diterima. Dapat disimpulkan jika persepsi citra merek positif, maka konsumen semakin loyal, demikian pula sebaliknya.


Daftar Referensi

Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. dan Parasuraman 1997, The Behavioral Consequances of Service Quality, Journal of Marketing, 60, 31-36
www.spamenang.com, diakses tanggal 5 November 2007
www.republika.co.id, diakses tanggal 23 Maret 2007
www.gunadarma.co.id/ariviani/2004/jbptgunadarma-gdl-s2 diakses tanggal 23 Maret 2007
Wells, D. & Prensky, 1996, Consumer Behavior, New York: John willey and Sons Inc.
Walgito, Bimo, 1994, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset
Utami Ismarrahmini dan Hartanta Brontoharsojo, 2005, Psikologi Ekonomi Dan Konsumen: Pengaruh Kepribadian dan Citra Merek, Terhadap Loyalitas Merek, Bag. Psikologi Industri dan Organisasi, Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Swa, 2005, Ayo, Terus Membangun Merek, Swa Sembada, Edisi Agustus Tjiptono, Fandy, 2002, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset
Sutisna, 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi Pertama, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Supranto. J., 2005, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2004, Metodologi Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta
Solomon, M.R., 2002, Consumer Behavior, Buying, Having and Being, 5th Edition, New Jersey: Prentice Hall
Simamora, Bilson, 2003, Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sigit, Soehardi, 2001, Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis Manajemen, Lukman Offset, Yogyakarta
Siat, J, 1997, Mass Marketing and Consumer Centered : Sebuah Dikotomi Untuk Mencapai Customer Loyalty?, Usahawan, No.3 Tahun XXVI, Edisi Maret 1997
Schiffman, L.G & L.L. Kanuk, 1997, Consumer Behavior,5th Ed. New Jersey: Prentice-Hall
Rita L. Atkinson, 1998, Pengantar Psikologi, Edisi II Jilid 1, Alih Bahasa Widjaja Kusuma, Jakarta:Interaksara
Rahmat, 2001, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Peter, J.P., dan Olson, J.C., 1999, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Keempat, Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Peter, J.P., dan Olson, J.C., 1997, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Ed. 4, Buku 1, Jakarta: Erlangga.
Mowen, C.J. dan Michael M., 2001, Perilaku Konsumen, Jakarta : Erlangga
Loudon, D.L., & A.J Della Bitta, 1993, Consumer Behavior, 4th ed. New York: Mcgraw Hill
Laaksonen, M, 1993, Retail Patronage Dynamics, Learning About daily Shopping Behavior in Context of changing Retail Structures, Journal Of Business Research, Vol 28.
Kotler, Philipp, 1993, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Ketujuh, Volume dua, Diterjemahkan oleh Adi Zakaria Afif, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Kotler, Philip dan AB Susanto, 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat
Kertajaya. H, 2006, Marketing Plus, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
HKI, 2001, Hak Atas Kekayaan Intelektual, Modul, Tidak Diterbitkan, Bandung: Institut Teknologi Bandung
Hanna, N & Wozniak,R, 2001, Consumer Behavior : An Applied Approach, New Jersey: Prentice Hall
Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Edisi 3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Engel,J.F., Blackwell,R.d and Miniard, P.W.,1982,1990, Consumer Behavior, Chicago: The Dryden Press
Engel, James F., Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard, 1995, Perilaku Konsumen, Edisi Keenam, Jilid 2, Alih bahasa Budijanto, Jakarta: Binarupa Aksara
Dharmesta, Basu Swasta, 1993, Asas-asas Marketing, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty
Dharmesta, Basu Swasta dan T. Hani Handoko,1997, Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: BPFE
Azwar, Saefudin, 2005, Reliabilitas dan Validitas Instrumen, Jakarta:Pustaka Pelajar
Astuti, Nur Indah, 2000, Hubungan Antara Citra Merek dengan Minat Membeli Ulang pada Produk Motor “Honda”, Skripsi, Tidak Dipublikasikan, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Assael, 1992, Customer Behavior and Marketing Action, 4th edition, Boston: PWS-Kent Publishing Company
Aaker,DA,1991, Managing Brand Equity, Capitalizing on the value of a brand name, New York: The Free Press