Perbedaan Motivasi Berprestasi antara Karyawan Kontrak dan Karyawan Tetap pada PT.BRI Persero (cabang) Singkawang

Skripsi disusun oleh: Mery Tri Meilani R.A.
Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2008

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan motivasi berprestasi antara karyawan kontrak dan karyawan tetap pada PT.BRI Persero cabang Singkawang. Motivasi berprestasi akan memotivasi karyawan sehingga menghasilkan kinerja yang baik bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada 40 orang karyawan tetap dan 40 orang karyawan kontrak, tingkat pendidikan minimal SMU, usia 21-45 tahun. Indikator motivasi berprestasi adalah tanggung jawab pribadi, inovasi, kebutuhan akan umpan balik hasil perkerjaan, tekun, dan menyukai pekerjaan dengan kesulitan yang sedang. Analisis data menggunakan metode kuantitatif.

Adapun dari hasil penelitian ditemukan ada perbedaan yang signifikan dalam mean empirik karyawan tetap (91,35) dan karyawan kontrak (99,83) dengan t test = 4,413 dan probabilitas sebesar ,000 (p < 0,05). Hal tersebut berarti ada perbedaan antara motivasi berprestasi antara karyawan tetap dan karyawan kontrak pada PT.BRI (persero) cabang Singkawang, dimana motivasi karyawan kontrak lebih tinggi daripada karyawan tetap.

Kata kunci : Motivasi berprestasi, karyawan tetap, karyawan kontrak.


Daftar Referensi

Wijono, S. (2000). Hubungan Antara Motivasi Kerja dengan Prestasi Kerja di Sebuah Perusahaan. Jurnal Psikologi, Volume 6, No. 2.
Widyayulianti, S. (2006). Hubungan antara Kecemasan Menghadapi Penghentian Kontrak Kerja dengan Motivasi Berprestasi Karyawan Kontrak di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Yogyakarta. (tidak diterbitkan) Yogyakarta, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Muda.
Uno, B. Hamzah. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
Siagian, S. P. (1995). Teori Motivasi dan AplIkasinya. Jakarta : Bina Aksara
Santrock, J. W. (1998) Adolecence. Washington, DC : Mc Graw Hill.
Robbins, S , P. (1996). Perilaku organisasi, konsep, kontroversi, aplikasi. (edisi Bahasa Indonesia). Jakarta : PT. Prehallindo
Ninawati. (2002). Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Psikologi terapan. Volume 4 no.8
Moenir, A. S. (1992). Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta : Haji Masagung.
McClleland, D. C. & Winter, D. G. (1974). Motivating Economic Avhievement, The Free Press : New York.
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. New York : The Press Syndicate of The University of Chambridge.
Maslow, A. (1987). Terapi Humanistik. Terjemahan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Martaniah, S. M (1984) Motif Sosial Remaja Jawa dan Keturunan Cina (suatu studi perbandingan). Ringkasan Disertasi (tidak diterbitkan) Yogyakarta, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Muda.
Kossen. S (1986). Aspek Manusiawi dalam Organisasi. Edisi ketiga, Erlangga. Jakarta.
Kontz, O.D et.al. (1988). Management, Edisi Delapan, Alih Bahasa H. Gunawan, Erlangga. Jakarta
Kolb, D. C., Rubin, I. M. & Mc Intyre, I. M. (1974). Organizational, Psychology. An Experiental Approach. Prentice Hall, inch : New Jersey.
Kerlinger, F. N. (2000). Asas-asas Penelitian Behavioral (Eds 3). Yogyakarta. Gadjah Mada Univercity Press. Alih Bahasa : Landung Simatupang.
Hyperlink. (2006). http://portalhr.com/klinikhr/hubungankaryawan/4id305.ht04. Diakses tanggal 28 November 2007, jam 15:05:47
Huffman, K., Vernoy,. M. & Vernoy, J. (1997) Psychology In Action. 4th edition. John Willey & Sons, Inc, Canada.
Hadi, S. (1996). Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset.
Forsyth, P. (1998). 30 Minutes To Motivate Your Staff, Dialihbahasakan oleh Soesanto Boedidarmo, Jakarta :PT. Gramedia.
Fernald, L. D. & Fernald, P. S. (1999) Introduction to Psychology. India : A.I.T.B.S. Publisher & Distributor.
Dessler, G. (1993). Manajemen Personalia, Teknik dan Konsep Modern, Diterjemahkan oleh : Agus Dharma, Edisi Ketiga, Jakarta : Erlangga.
Budi, P (2006). SPSS 13.0 Terapan : Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta : Andi Offset.
Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Atkinson, (1974). Pengantar Psikologi I. Jakarta : Erlangga
As’ad, M. (2004). Psikologi Industri. Yogyakarta : Liberty.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Andreani, F. (2003). Analisa Motivasi Berprestasi Karyawan F dan B Service Coffe Garden di Hotel Shangrilla Surabaya (tidak diterbitkan). Surabaya, Fakultas Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra.
(Anonim).2007. http://deprazz.wordpress.com/2007/10/02/manajemen-1-handoutmotivasi/. Diakses tanggal 28 November 2007, jam 14:35:23.